PTN Tolak Umumkan Nilai SNMPTN

Posted on 22.42 by info kuliah

Para rektor perguruan tinggi negeri (PTN) belum sepakat mengumumkan nilai Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2011 secara transparan. Masalah itu masih dalam penggodokan.

Ketua Umum Panitia Pelaksana SNMPTN Herry Suhardiyanto menuturkan, tahun ini tampaknya masalah transparansi belum siap. "Semuanya masih dalam proses," ujar Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) itu, akhir pekan lalu.


Herry mengatakan, sampai sekarang para rektor PTN masih terus mengadakan rapat secara rutin untuk membahas persoalan transparansi nilai SNMPTN. Sua-ra belum bulat. "Namun, para rektor berjanji akan terus membangun konsistensi untuk membahas masalah ini," ujarnya.

Herry mengakui, Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KTP) adalah suatu hal yang patut diikuti dan dipatuhi untuk membangun akuntabilitas perguruan tinggi di mata masyarakat. Tapi, banyak hal nonteknis yang membuat para rektor tidak bisa transparan.

"Ini menyangkut kepentingan nasional," tuturnya, tanpa merinci faktor nonteknis tersebut. Saat ini, lanjut Herry, tengah dipilah mana informasi yang bisa diakses publik, mana informasi yang bisa diberikan atas dasar permintaan, dan informasi yang memangtidak bisa disampaikan.

Ditanya soal berbagai kasus kebocoran yang terjadi dalam pelaksanaan SNMPTN 2011, di antaranya prediksi sejumlah lembaga bimbingan belajar yang temyata mirip dengan soal-soal ujian, dia menyatakan, itu sedang diselidiki. "Kami sudah berkoordinasi dengan kepolisian untuk melakukan penelusuran," ujarnya.

Herry mengaku, prihatin dengan sikap masyarakat yang akhir-akhir ini terlalu mengagung-agungkan lembaga-lembaga bimbingan belajar. Akibatnya, institusi-institusi sekolah justru di-nomorduakan. "Kami sedang berpikir mencari formulasinya sehingga masyarakat tidak lagi berpikir terbalik, yang diutamakan jus-tru bimbingan belajar," katanya.

Terkait dengan penerimaan mahasiswa jalur undangan yang diterima di IPB, Herry mengatakan, ada 117 dari 2.331 calon mahasiswa yang dinyatakan diterima, tapi tidak mendaftar tilang. Dia menyatakan, belum memperoleh alasan jelas mengapa mereka tidak melakukan registrasi.

Herry mengatakan, sisa kursi jalur undangan akan diisi oleh peserta yang lolos ujian tulis SNMPTN. "Ini berarti jatah ujian tulis bertambah," katanya. Dia menambahkan, jika ditemukan ada pelamar jalur undangan yang berasal dari keluarga tidak mampu, segera dipertimbangkan dan dialihkan ke dalam jalur beasiswa Bidik Misi.

No Response to "PTN Tolak Umumkan Nilai SNMPTN"

Leave A Reply