PTN Ramai-Ramai Gelar Seleksi Mandiri

Posted on 00.57 by info kuliah

Fenomena kursi kosong dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011 bakal merembet ke jalur ujian tulis. Sebelumnya, panitia pusat SNMPTN 2011 melansir kursi kosong di jalur undangan sebesar 10.561 kursi. Untuk menambal kekosongan kursi, PTN ramai-ramai menggelar seleksi mandiri (seituan).

Bendahara SNMPTN 2011 Rohmat Wahab menuturkan, setiap tahun selalu ada fenomena kursi kosong. Pria yang juga menjadi rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) itu menuturkan, kursi kosong tidak hanya muncul di jalur undangan, "Setiap tahun, setelah ujiantulis juga ada kursi kosong," tandas Rohmat yang menjadi bendahara sejak 2008 lalu kemarin (22/5).


Dia menuturkan, prediksi kursi kosong dalam jalur ujian tulis SNMPTN tahun ini mencapai 10 persen hingga 15 persen. Seperti diketahui, saat ini kuota untuk jalur ujian tulis sebesar 108.535 kursi plus 10.561 kursi sisa dari jalur undangan SNMPTN 2011.

Nah, Rohmat menuturkan, pihak kampus masih memiliki wewenang penuh untuk menambal kursi kosong dari ujian tulis tersebut. Caranya, kampus yang bersangkutan bisa membuka jalur masuk PTN mandiri. "Namanya bisa bermacam-macam," kata dia.

Potensi kekosongan pascaujian tulis SNMPTN 2011 muncul dan beberapa sebab. Di antaranya adalah muncul program studi yang kurang diminati. Rohmat menuturkan, dari tahun ke tahun prodi di bawah Fakultas Pertaniankerap sepi peminat. "Apalagi di (PTN, Red) luar pulau Jawa," kata dia. Peminat prodi-prodi tersebut semakin sepi, setelah muncul kebijakan daerah yang tidak mendukung prospek bekerja di bidang pertanian.

Selain itu, kursi kosong juga dipicu karena ada mahasiswa yang tidak registrasi ulang. Rohmat cukup menyayangkan kejadian ini. Sebab, para mahasiswa tersebut rata-rata menggantungkan pada pilihan pertama "Kebetulan yang diterima adalah pilihan kedua, yang sebenarnya tidak diminati," tutur Rohmat.

Para calon mahasiswa, sebut Rohmat, hingga sekarang masih berpikiran dangkal. Yaitu, mereka kuliah di prodi-prodi yang lulusannya mudah terserap dunia kerja. "Padahal bisa jadi empat hingga lima tahun lagi banyak kebutuhan di sektor pertanian." tandas guru, besar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) itu.

No Response to "PTN Ramai-Ramai Gelar Seleksi Mandiri"

Leave A Reply