233.989 Siswa SMA Perebutkan Kursi Jalur Undangan SNMPTN

Posted on 20.12 by info kuliah

Hingga hari terakhir batas waktu pengisian biodata online Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan yang ditutup Selasa (15/3), pukul 24.00 WIB, sebanyak 1.476 siswa yang sudah terdaftar tetapi belum melengkapi biodata online dianggap tidak jadi mendaftar. Panitia pusat SNMPTN jalur undangan menerima sebanyak 233.989 siswa SMA/SMK seluruh Indonesia untuk diseleksi masuk ke-58 perguruan tinggi negeri (PTN).

Anggota Panitia Pusat SNMPTN sekaligus Koordinator Jalur Undangan Yoni Kusma-ryono mengungkapkan, para siswa yang dianggap tidak jadi mendaftar melampaui batas waktu pendaftaran sehingga dianggap gugur. Mereka yang lolos seleksi akan diumumkan kelulusannya pada 18 Mei mendatang.


Yoni mengatakan, ada empat PTN yang paling banyak diminati pendaftar yaitu Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, serta Institut Teknologi Bandung.

"Dari setiap provinsi, rata-rata tiga puluh persen SMA/SMK mendaftar dan merekomendasikan siswanya untuk seleksi jalur undangan. Akan tetapi,

PTN yang diminati kebanyakan berada di Pulau Jawa. Kami belum menerima laporan dari masing-masing panlok terkait jumlah yang sudah mendaftar," kata Yoni, Rabu (16/3).

Secara keseluruhan, kata Yoni, pendaftaran SNMPTN jalur undangan tidak menemui kendala. Namun, dia berharap pada pelaksanaan tahun depan bisa lebih baik. Yoni menginginkan agar tahun depan sosialisasi kepada kepala sekolah lebih merata dan sistem informasi teknologi tidak terhambat terbatasnya bandwidth. Selain itu, kriteria sekolah yang bisa merekomendasikan siswanya lebih terarah, seperti untuk SMK.

"Bagi siswa yang tidak lulus SNMPTN jalur undangan serta belum direkomendasikan, masih ada kesempatan untuk mengikuti SNMPTN tes tertulis," ujar Yoni.

Sementara itu, data hingga Selasa pukul 14.09 WIB di panlok Bandung, masih ada 655 siswa yang belum melengkapi biodata online. Humas Panitia Lokal Bandung SNMPTN 2011 Weny Widyowati menuturkan, secara resmi jadwal pengisian biodata online bagi peserta yang sebelumnya sudah didaftarkan oleh pihak sekolah sudah ditutup Selasa (15/3) pukul 24.00 WIB. "Tidak ada informasi mengenai perpanjangankembali waktu pengisian. Artinya resmi ditutup pada Selasa (15/3) pukul 24.00 WIB," kata Weny, Rabu (16/3).

Berdasarkan data pada saat yang sama, Selasa (15/3) pukul 14.00 WIB, jumlah sekolah di wilayah Panlok Bandung yang sudah mendaftar dan merekomendasikan siswanya untuk mengikuti SNMPTN jalur undangan sebanyak 226 sekolah. Sementara siswa yang direkomendasikan berjumlah 8.531. "Sebanyak 655 peserta belum mendaftar secara online, mereka berasal dari wilayah Kabupaten Bandung 480 siswa, dan Kota Bandung 175 siswa," tuturnya.

Selain itu Weny mengingatkan kepada seluruh peserta agar menjaga baik-baik kartu tanda bukti pendaftaran atau kartu peserta SNMPTN 2011 jalur undangan. Sebab kartu peserta merupakan salah satu persyaratan yang wajib dibawa sebagai bukti ketika melakukan registrasi, setelah dinyatakan lolos dalam jalur undangan. "Jangan sampai hilang, sebab kartu ini wajib dibawa saat registrasi," ucapnya.

Pengumuman hasil seleksi jalur undangan akan dilaksanakan pada Rabu 18 Mei 2011. Pengumuman akan disampaikan pada laman SNMPTN yakni http//snmptn.ac.id.

No Response to "233.989 Siswa SMA Perebutkan Kursi Jalur Undangan SNMPTN"

Leave A Reply