Pendidikan Tinggi Akan Diintegrasikan

Posted on 20.13 by info kuliah

Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) akan melakukan integrasi antara perguruan tinggi negeri sebagai efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan di pendidikan tinggi.

Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendiknas Djoko Santoso pada acara Rembuk Nasional Pendidikan di Depok, Jumat (18/3), mengatakan, integrasi yang dimaksud ialah an-tarperguruan tinggi bisa melakukan satu kegiatan belajar bersama dengan satu ijazah yang akan dikeluarkan bagi lulusannya dengan tanda tangan rektor dari keduanya. Gelar bersama yang akan diberikan tidak hanya jenjang S-i, tetapi juga S-2 dan S-3.

Djoko menjelaskan, hal ini bisa dilakukan karena dosen diperbolehkan mengajar di perguruan tinggi yang berbeda. Kebijakan mengenai ini akan diperkuat dengan peraturan menteri yang kini tengah disusun.


"Akan ada pertukarandosen. Selama ini kan perguruan tinggi menyelenggarakan pendidikan sendiri-sendiri. Pada tahun ini mereka akan Saling membagi," katanya.

Mantan Rektor ITB inimenambahkan, tidak hanya dosen yang saling membagi, tetapi berbagai fasilitas juga dapat dinikmati. Seperti perpustakaan di mana sistem per-bukuannya menerapkan buku elektronik sehingga dapat dibaca mahasiswa mana pun.

Selain itu, laboratorium juga dapat dipakai mahasiswa yang melakukan kerja sama penelitian dengan perguruan tinggi yang dimaksud. "Di Eropa sudah biasa seperti ini. Kalau di Indonesia baru ITB dan UGM saja yang melakukan," ucapnya.

Seusai rapat selama tiga hari, komisi yang membahas pendidikan tinggi juga menghasilkan beberapa keputusan, yakni meminta keputusan menteri yang baru tentang beban kerja dosen dan penyetaraan gelar akademik seusai studi di luar negeri, integrasi proses dan pemanfataan teknologi, informasi dan komunikasi, dan hibah program studi baru.

Komisi juga menghasilkan keputusan bahwa rumah sakit pendidikan dapat digunakan sebagai laboratorium bersama dan penyelenggaraan kuliah kerja nyata secara terintegrasi dan berorientasi.

No Response to "Pendidikan Tinggi Akan Diintegrasikan"

Leave A Reply