Biaya PTN Mahal, Masyarakat Takut untuk Mendaftar

Posted on 01.29 by info kuliah

Kuota beasiswa Bidik Misi di sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) mengalami kekosongan. Kesulitan mencari calon mahasiswa tidak mampu, tetapi berprestasi secara akademik menjadi salah satu alasan.

Akan tetapi, menurut Ketua Keluarga Peduli Pendidikan (Kerlip) Yanti Sriyulianti, tidak terpenuhinya kuota beasiswa bidik misi di sejumlah PTN bukan semata informasi yang tidak sampai kepada masyarakat. Hal itu lebih disebabkan ketakutan masyarakat untuk mendaftar, mengingat mahalnya biaya untuk masuk PTN. "Masyarakat miskin sudah terpinggirkan sejak awal. Jangankan untuk masuk PTN, masuk SMA negeri yang baik pun sudah menakutkan karena biaya mahal," kata Yanti, Sabtu (5/3).


Hal senada disampaikan aktivis Masyarakat Peduli Pendidikan Indonesia (MP2I) Eko Purwono. Kemungkinan, menurut dia, mahasiswa miskin sudah telanjur takut masuk PTN, sekalipun diberi informasi bahwa di PTN akan diberi beasiswa. Apalagi jika pada saat masuk ada semacam "uang pangkal".

Tidak terisi

Dari penelusuran di lapangan, di Institut Teknologi Bandung, dari total kuota 450 beasiswa 2010, hanya terisi 400 orang. Di Universitas Padjadjaran, dari kuota 500 beasiswa terisi 486 orang. Di UI dari kuota 500 orang hanya terisi 398, di IPB dari 500 terisi 495.

Waki] Rektor Bidang Riset dan Inovasi ITB Wawan Gunawan menuturkan, untuk mencapai jumlah 400, ITB bahkan harus menurunkan standar agar tidak terlalu banyak jatah beasiswa yang kosong. Sementara,

Koordinator Penerimaan Mahasiswa Baru jenjang S-i Universitas Padjadjaran Slamet Usman Ismanto mengatakan tahun lalu, dari kuota 500, hanya 486 yang terisi. Agar tahun ini kuota terpenuhi, Unpad melakukan sosialisasi ke daerah-daerah.

Rektor Universitas Indonesia Prof. Gumilar R Somantri mengatakan, idealnya beasiswa bidik misi ini bisa terserap penuh. Hanya, pencarian penerima beasiswa tersebut memiliki kendala.

Hal berbeda terjadi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) Bandung. Kuota beasiswa Bidik Misi yang diberikan yang hanya 80 kursi pada 2010, tidak mampu memenuhi permintaan calon mahasiswa peminat yang mencapai jumlah 251.

No Response to "Biaya PTN Mahal, Masyarakat Takut untuk Mendaftar"

Leave A Reply