Beasiswa bagi Mahasiswa

Posted on 19.50 by info kuliah

Universitas Indonesia memberikan berbagai beasiswa bagi siswa berprestasi atau alasan ekonomi tidak mampu. Selalu ada jalan untuk maju.

Peminat beasiswa meningkat seiring keinginan melanjutkan diri belajar ke perguruan tinggi. Beruntung dan tahun ke tahun semakin banyak yang peduli untuk memberikan beasiswa. Baik dari perguruan tinggi maupun kalangan industri.

Rektor Universitas Indonesia (UD Prof. De Soz Gumilar Rusliwa Somantri, pada pekanlalu mengatakan Universitas Indonesia peduli pada kemajuan generasi muda di bidang pendidikan menyediakan dana beasiswa bagi anak berprestasi atau karena ekonomi kurang mampu.


Universitas Indonesia mengalokasikan dana sebesar Rp 20 miliar per tahun untuk beasiswa Sl reguler berbagai angkatan, dalam bentuk keringan uang pangkal dan SPP.

Sedangkan dana beasiswa dari kalangan industri sebesar Rp 16 miliar dalam bentuk life expenses, living cost (biaya hidup), atau uang buku.

Selain itu mahasiswa Sl reguler yang lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011 dan SIMAK UI 2011 berkesempatan memperoleh Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) Berkeadilan.

BOP berkeadilan adalah mekanisme pengaturan mengenai biaya yang dibebankan kepada mahasiswa yang berasal dari golongan kurang mampu. Dengan BOP Berkeadilan,mahasiswa berhak mendapatkan keringanan biaya yang sangat signifikan.

Kepala Kantor Komunikasi Universitas Indonesia Vishnu Juwono menjelaskan cara memperoleh BOP berkeadilan adalah pada saat registrasi para calon mahasiswa/siswa UI yang diterima pada program sarjana reguler dapat mengisi formulir pada laman http//penerimaan. ui.ac.id.

Setelah itu, akan dikirimkan dokumen pendukung untuk membuktikan bahwa orang tua calon mahasiswa berasal dari keluarga yang tidak mampu kepada panitia penetapan BOP. Pihak UI tentu akan melakukan pemeriksaan lapangan untuk melakukan verifikasi data-data yang diberikan apakah sesuai dengankenyataan atau tidak.

"Selama ini UI terbuka dan secara pro aktif memberikan bantuan keringanan biaya melalui BOP berkeadilan kepada para mahasiswa yang tidak mampu. Apabila tetap tidak cukup UI menyediakan berbagai macam skema beasiswa yang nilainya selama setahun belakangan ini menca-pai Rp 40 miliar, sekitar setengahnya disediakan sendiri oleh UI," kata Vishnu dalam jawaban melalui surat elektronik.

Lebih jauh Vishnu mengatakan beasiswa yang disediakan oleh UI selama setahun ini berasal dari sekitar 60 institusi. Perusahaan yang memberikan beasiswa antara lain dari kalangan BUMN, bank swasta, perusahaan mutinasional, yayasan atau foundation yang dikelola oleh pihak swasta. Selain itu pula Kementrian Diknas menyediakan beasiswa Bidik Misi kepada 20 ribu mahasiswa berasal dari keluarga yang tidak mampu untuk kuliah di Perguruan Tinggi Negeri, termasuk di UI.

Sebenarnya peluang beasiswa banyak tersedia. Syarat utamanya tentu menaikkan nilai Indeks Prestasi Akademik setinggi mungkin. Faktor pendukung lainnya adalah memburu kesempatan itu dengan jeli mencari informasi. Aktif mencari alamat dan website lembagapemberi beasiswa, hubungi contact person dan siapkan dokumen yang diperlukan. Selamat kuliah, m

0CWI RETNO

No Response to "Beasiswa bagi Mahasiswa"

Leave A Reply