Universitas Asing Incar Pasar Indonesia

Posted on 20.02 by info kuliah

 Minat perguruan tinggi asing untuk membuka cabangdi Indonesia masih tinggi.Mereka menilai,jumlah mahasiswa di Indonesia sangat potensial untuk direkrut.

Sekretaris Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan Nasional  Harris Iskandar mengungkapkan, selama ini banyak perguruan tinggi asing yang mengajukan izin mendirikan cabang di Indonesia. Namun, pemerintah belum memberikan izin untuk pendirian itu.


Tidak seperti di Malaysia dan Singapura yang lebih terbuka menerima perguruan tinggi asing, Indonesia, ujarnya, tetap mengambil langkah konservatif dengan menolak berbagai kerja sama dengan perguruan tinggi asing. "Bahkan, kampus sebesar Harvard pun bisa masuk ke Indonesia. Namun, kami seperti Amerika Serikat, menolak diintervensi oleh negara lain," tegas Harris di Jakarta kemarin.

Menurut Harris, belum dibukanya izin tersebut karenakeberadaan perguruan tinggi asing akan mengancam posisi perguruan tinggi negeri dan swasta yang sudah lama berdiri. Dia mengatakan, calon mahasiswa pasti akan tersedot ke perguruan ijygpi asing karena perguruan tinggi di Indonesia juga belum skip lui tuk menghadangnya.

Kemendiknas, jelasnya, hingga saat ini baru membuka izin bagi perguruan tinggi asing un tuk beroperasi dalam sistem joint operation dengan perguruan tinggi di Tanah Air. Modelnya, ungkap Harris, adalah dengan membuka kuliah double degree. Di mana, mahasiswa dapat menempuh pendidikan selama sekian tahun di Indonesia lalu sisanya di negara yang bekerja sama dengan kampus yang bersangkutan.

Pembantu Rektor II Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung Rina Indiastuti mengatakan, satu-satunya celah bagi perguruan tinggi asing untuk dapat masuk ke Indonesia adalah melalui sistem double degree.

No Response to "Universitas Asing Incar Pasar Indonesia"

Leave A Reply