UI Terapkan Sistem Proporsionalitas

Posted on 20.21 by info kuliah

Sejumlah kalangan, terma suk orangtua mahasiswa, mengeluh tentang biaya kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) yang dirasa semakin mahal. Namun, di balik kesan tersebut. PTN memiliki sejumlah penjelasan yang dinilai dapat meringankan beban mahasiswa. Universitas Indonesia (UI), misalnya, menerapkan sistem proporsionalitas atau keadilan bagi mahasiswa UI yang berasal dari keluarga tidak mampu.

"Mereka akan dikenakan keringanan biaya pendidikan hingga bisa membayar Biaya Operasional Pendidikan (BOP) per semester hanya Rp 100.000,bahkan dibebaskan sama sekati bila terbukti benar-benar tidak mampu," kata Vishnu Juwono, Kepala Humas dan Protokol Universitas Indonesia, Jumat (15/7).


Mahasiswa UI, lanjut Vishnu, juga mendapat fasilitas untuk mengangsur pembayaran biaya pendidikan, termasuk uang pangkal. "Intinya, bagi mahasiswa untuk program sarjana reguler UI, masalah biaya tak perlu menjadi beban sehingga mereka dapat fokus pada studinya. Sebab, pada akhirnya biaya pendidikan disesuaikan dengan kemampuan finansial mahasiswa atau orangtuanya."

Di lingkungan UI. pengembangan sejumlah fasilitas utama juga tidak berhubungan dengan biaya kuliah yang dibebankan kepada mahasiswa. Dalam pembangunan perpustakaan pusat yang baru dan gedung Arts and Culture Center contohnya, UI memperoleh pendanaan dari Kementerian Pendidikan Nasional lewat APBN.

Vishnu menielaskan, UI tidak membuka jalur mandiri. Seleksi atau ujian tulis yang diselenggarakan sendiri oleh UI hanya melalui jalur Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI).

"Tak ada ruang di UI bagi orangtua calon mahasiswa untuk membayar melebihi tarif biayapendidikan maksimum, sehingga terdapat kompromi dalam hal seleksi kualitas calon mahasiswa. Komponen dan biaya pendidikan diinformasikan secara transparan dalam website UI," jelasnya.

Tahun ini. jumlah calon mahasiswa yang mendaftar di UI masih dominan di dua fakultas, yakni kedokteran dan ekonomi. Akibatnya", tingkat selektivitas pada kedua fakultas tersebut sangat tinggi, mencapai 1-2 persen jumlah mahasiswa diterima dari yang mendaftar.

No Response to "UI Terapkan Sistem Proporsionalitas"

Leave A Reply